Senin, 16 Juli 2012




Perkembangan Web Science DiDunia Pendidikan


Pada tugas softskill kali ini saya akan menjelaskan tentang perkembangan dari “WEB SCIENCE”. Web science itu sendiri menurut saya merupakan ilmu pengetahuan yang telah diteliti dari web yang muncul melalui desentralisasi system informasi. Ilmu ini sudah ada sejak tahun 1990 yang di buat secara team yang diberi nama berners-lee. Pada jaman tersebut dikenalkan pertama kali yaitu web 1.0 yang masih bersifat read-only, kemudian dilanjutkan dengan generasi web 2.0 yang sifatnya bisa menulis dan membaca (read-write), sedangkan pada generasi web 3.0 itu hanya untuk mengembangkan hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan mesin, dan mesin dengan mesin.

Perkembangan Web Science :
Pengembangan-pengembangan terhadap web science pun mulai bervariasi. Seiring dengan ditambahkannya aplikasi penunjang untuk user dalam memperindah tampilan web nya, mendekor ulang website sama mudahnya seperti menanak nasi. Saat ini telah banyak program untuk membuat website. Beberapa diantaranya dapat dipakai meski kita sedang offline, contohnya adalah joomla yang bisa digunakan tanpa harus tersambung dengan internet. Aplikasi online lainnya adalah dreamweaver, adobe go live, dsb. Tinggal pilih mana yang sesuai kebutuhan. Sedikit bocoran mengenai aplikasi yang paling diminati oleh user adalah aplikasi joomla, karena bersifat offline. Selain itu, Joomla memiliki setting yang mudah dan perangkat aplikasi didalamnya sudah cukup cangih.

Beberapa generasi yang terdapat pada web science, yaitu :

- Generasi pertama yaitu Web 1.0. Web1.0 di sini masih bersifat read-only saja.

- Generasi kedua yaitu Web 2.0 ditandai dengan dimulainya kegiatan sosial, diikuti semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, facebook dan sebagainya. Pada generasi ini terdapat kekurangannya yaitu pada penanganan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.

- Generasi ketiga yaitu Web 3.0 mencoba menyempurnakan dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.

Secara luar biasa telah terjadi pergeseran Web 1.0 ke Web 3.0 yaitu :

· Web 1.0 yang sejak tahun 1992 mulai memperkenalkan beragam web browser, serta mendorong pertumbuhan pemanfaatan Web sebagai penyedia informasi. Pada tingkat ini web masih bersifat read only

· Web 2.0 mulai menjadi trend pada tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read only menjadi read write. Aplikasi berbasis Web semakin banyak diterapkan. Web dan sosial dimulai dengan lahirnya berbagai sarana seperti wikipedia, blog, friendster.

· Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan.

 web juga di rasakan sangat bermanfaat untuk mengetahui dunia hanya di ujung jari. mengunakan web sangat mudah dan informasi yang di tawarkan pun dalam jumlah yang besar pula. dunia WWW atau world wide web mempunyai tujuan mengelola internet, berdasarkan protokol bersama dan standar. ini berarti bahwa semua jenis dapat disimpan dan di akses dari semua jenis komputer.


Inilah jenis-jenis aplikasi yang digunakan pada web science :
• Mozilla
• Mozilla Firefox (sebelumnya bernama Firebird dan Phoenix)
• CometBird
• Epiphany, browser default GNOME saat ini
• Camino untuk Mac OS X (sebelumnya bernama Chimera)
• K-Meleon untuk Windows
• Kazehakase browser web GTK2 yang sangat ringan untuk GNU/Linux
• Beonex Communicator
• Browser Web IBM untuk OS/2
• Aphrodite
• Salamander
• Skipstone
• BackArrow (berbasis Skipstone)


  Manfaat Web Science bagi Dunia Pendidikan

Seperti yang dijelaskan pada tulisan sebelumnya, web science adalah ilmu yang berguna dalam memanipulasi web. Dari sinilah muncullah banyak versi mengenai web, yang terkenal adalah web 1.0, web 2.0, dan web 3.0.

Perkembangan web yang begitu pesat mempengaruhi banyak bidang dalam kehidupan salah satunya pendidikan, diantaranya :

Mudah dalam mencari informasi. Informasi yang besar sangat mempengaruhi kualitas ilmu yang dimiliki oleh seseorang. Sehingga dengan mudahnya orang mencari informasi maka semakin banyak orang yang berkualitas dalam berbagai hal.

Mudah akses ke pakar. Orang yang berilmu pasti mempunyai guru yang berilmu juga. Jika gurunya sedang berada di tempat jauh maka diperlukan alat untuk menghubungkan antara guru dan murid. Di sinilah perkembangan web science yang berguna dalam menghubungkan murid dan guru yang mungkin sudah menjadi pakar.

Tujuan dari web itu sendiri adalah sebagai berikut :

Untuk mempromosikan dan mendorong dan mendorong penelitian kolaboratif untuk mempelajari pengembangan web.
Untuk memberikan forum global bagi para akademis, pemerintah, dan industri untuk mengembangkannya.
Untuk mendorong perkembangan dari web dan memungkinkan merancang inovasi kurikulum untuk prinsip atau pengetahuan baru dari web science. Jadi, untuk melatih generasi-generasi pendatang dari peneliti web itu sendiri.


sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/web-science-pada-bidang-pendidikan/

http://fullcourtian92.blogspot.com/2012/03/perkembangan-web-science-di-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar